Berbagai Penyebab Pencemaran Air, Nomor 1 adalah Faktor Utama yang Paling Sering Terjadi di Indonesia

penyebab pencemaran air

Air adalah sumber kehidupan seluruh makhluk hidup. Tidak heran jika kebersihan air harus senantiasa terjaga sehingga kehidupan seluruh makhluk hidup bisa berlangsung dengan baik. Meski demikian, melihat kondisi lingkungan saat ini, air justru banyak yang sudah tercemar. Mirisnya, penyebab pencemaran air mayoritas adalah karena ulah dari manusia.

Apa itu Pencemaran Air?

Pencemaran air didefinisikan sebagai kondisi perubahan yang ada di suatu tempat penampungan air misalnya sungai, laut, air tanah hingga danau. Pencemaran air bisa diakibatkan oleh fenomena alam, tapi justru lebih banyak diakibatkan oleh perilaku manusia. Air bisa disebut tercemat jika terganggu oleh kontaminan dan saat tidak bisa lagi mendukung kehidupan manusia misalnya air minum. Pencemaran air pun bisa karena mengalami pergeseran yang ditandai kemampuan dalam mendukung komunitas penyusun dari biotik, misalnya ikan.

Faktor Penyebab Pencemaran Air

Air yang mulai tercemar pun menjadikannya tidak bisa dipakai lagi untuk menunjang kehidupan. Berikut ini beberapa penyebab pencemaran air yang disebabkan karena aktivitas manusia:

1. Buang Sampah Sembarangan
Sampai saat ini, kesadaran masyarakat untuk bisa membuang sampah pada tempatnya masih amat sangat minim. Masyarakat lebih suka segala hal yang mudah sehingga membuang sampah sembarangan selalu jadi pilihan. Mayoritas masyarakat sampai saat ini masih sering sekali membuang sampah sembarangan ke sungai, selokan hingga got. Hal ini menyebabkan air keruh dan kotor. Tentunya jika air sudah kotor dan keruh maka tidak akan bisa digunakan untuk hidup dan aktivitas sehari-hari.

2. Limbah Industri
Seiring dengan perkembangan zaman, dunia industri pun juga terus menerus berkembang. Kini sudah ada banyak sekali perusahaan dan juga pabrik di dunia ini dengan memproduksi berbagai macam benda. Tentunya setiap ada produksi, maka ada juga limbah yang dibuang. Pembuangan limbah sendiri sampai saat ini masih menjadi PR untuk tiap perusahaan karena belum bisa dilakukan secara maksimal tanpa merusak alam. Tak heran jika pembuangan limbah ini kerapkali lewat sungai sehingga menjadikan air sungai terkena berbagai macam zat yang berbahaya.

3. Pemakaian Racun dan Bahan Peledak saat Menangkap Ikan
Jika dulu nelayan menggunakan jaring dan berbagai macam peralatan tradisional yang cenderung aman, maka berbeda dengan saat ini. Seiring dengan kebutuhan ikan di dunia, maka menjadikan pemburu ikan pun melakukan berbagai macam cara untuk bisa dapatkan ikan melimpah. Cara termudah adalah dengan memakai racun hingga bahan peledak. Selain menjadikan air terkontaminasi racun, penggunaan bahan peledak pun menjadikan ekosistem di bawah air ikut rusak.

4. Erosi Tanah
Penebangan ilegal adalah kasus yang sangat meresahkan. Dengan banyaknya penebangan ilegal, maka menjadikan permukaan tanah pun kian sedikit. Jika saat hujan, maka tanah pun akan bisa terbawa arus air dan ikut mengalir ke sungai, danau dan laut. Hal ini pun akhirnya menjadikan air danau hingga sungai menjadi keruh.

Contoh Penanganan Pencemaran Air

Pencemaran air yang disebabkan manusia tentunya bisa diatasi dengan cara mengubah kebiasaan buruk pada perilaku manusia. Untuk itulah penting sekali melakukan kampanye untuk mendidik cinta pada lingkungan. Dengan demikian maka kebiasaan buruk yang merusak lingkungan dan alam pun diharapkan bisa diminimalisir. Selain itu, pemerintah pun harus melakukan pengawasan pada perusahaan industri sehingga pembuangan limbah bisa lebih maksimal.

Itulah pembahasan terkait penyebab pencemaran lingkungan karena aktivitas manusia. Dalam hal ini, kesadaran masing-masing pribadi tentu sangat penting untuk bisa menjaga dan mencintai alam agar tidak semakin rusak.

Berlangganan gratis update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Berbagai Penyebab Pencemaran Air, Nomor 1 adalah Faktor Utama yang Paling Sering Terjadi di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel