Berbagai Penyebab Pelanggaran HAM, Nomor 2 dan 4 adalah Faktor Utama yang Sering Terjadi di Indonesia

penyebab pelanggaran ham

Setiap manusia yang terlahir ke dunia sudah membawa hal yang disebut dengan hak asasi manusia. Seiring perkembangan jaman, hak asasi atau hak dasar manusia ini sudah semakin banyak diabaikan. Hal ini terbukti dari banyaknya tindakan yang menyalahi hak asasi manusia. Tindakan yang disebut dengan pelanggaran hak asasi manusia ini kini begitu mudah dijumpai, bahkan dalam lingkup paling kecil sekalipun. Lantas apa sebenarnya yang menjadi penyebab pelanggaran HAM tersebut? berikut penjelasan lengkapnya (lihat juga: dampak perubahan sosial).

Mengenal Apa Itu HAM dan Pelanggaran HAM

Sebelum mulai membahas tentang penyebab pelanggaran HAM, terlebih dahulu Anda harus mengetahui apa itu HAM dan apa itu pelanggaran HAM. Hak asasi manusia adalah sebuah hak dasar yang dimiliki secara pribadi oleh setiap individu yang sudah dimiliki bahkan sejak lahir dan merupakan sebuah anugerah dari Tuhan.

Hak itu melekat pada masing-masing individu, sehingga setiap orang tidak akan mungkin bisa hidup tanpanya. Sedangkan pelanggaran HAM sendiri merupakan tindakan baik oleh seseorang maupun sekelompok orang yang membatasi atau menghalangi hak asasi yang dimiliki setiap orang.

Faktor Penyebab Terjadinya Pelanggaran HAM

Sama seperti tindakan melanggar hukum lainnya, pelanggaran HAM pun disebabkan baik oleh faktor intern maupun ekstern. Berikut ini adalah beberapa penyebab pelanggaran HAM baik karena faktor dari dalam maupun dari luar.

1. Kurangnya Toleransi
Penyebab terjadinya pelanggaran HAM yang paling dasar adalah karena kurangnya toleransi dalam kehidupan masyarakat. Karena sikap inilah kemudian muncul sikap tidak bisa saling menghargai keberadaan dan kedudukan orang lain hingga akhirnya memicu timbulnya sikap diskriminasi. Sikap diskriminasi ini sudah masuk dalam kategori pelanggaran HAM.

2. Kesenjangan Sosial dan Ekonomi
Faktor berikutnya adalah faktor luar yang menyebabkan terjadinya pelanggaran HAM, yaitu karena adanya kesenjangan yang cukup spesifik, baik dalam kehidupan sosial maupun ekonomi. Kesenjangan ini mengindikasikan adanya ketidakseimbangan dalam kehidupan baik secara sosial maupun ekonomi. Jika dibiarkan terus menerus, nantinya bisa menimbulkan pelanggaran HAM seperti terjadinya pelecehan, perbudakan hingga pembunuhan.

3. Teknologi yang Disalahgunakan
Faktor ini baru muncul di era digital dimana semua hal bisa dilakukan dengan bantuan teknologi. Di satu sisi perkembangan teknologi bisa membawa pengaruh positif, namun di sisi lain, hal tersebut juga bisa berdampak negatif, termasuk terjadinya pelanggaran HAM. Perkembangan teknologi ini bisa berpotensi menimbulkan pelanggaran HAM, baik dalam bidang sosial maupun ekonomi.

4. Penegakan Hukum yang Tidak Tegas
Faktor lain yang menjadi penyebab terjadinya pelanggaran HAM adalah karena penegakan hukum yang tidak tegas. Ketika sebuah pelanggaran terungkap dan tidak diproses dengan tegas serta diberikan sanksi yang sepadan, potensi timbulnya pelanggaran serupa pun akan semakin besar (lihat juga: penyebab inflasi).

Contoh Bentuk Pelanggaran HAM

Di Indonesia, kasus pelanggaran HAM bukannya terjadi sekali atau dua kali dan menyerang tidak hanya individu, kelompok bahkan orang secara acak dalam jumlah yang besar. Contoh pelanggaran HAM yang sering terjadi di Indonesia misalnya pengeboman terhadap kelompok masyarakat yang sedang beribadah. Ini adalah kasus pelanggaran HAM yang sering terjadi di Indonesia akibat diskriminasi terhadap kaum minoritas.

Sebagai sebuah hak yang melekat dan dimiliki oleh setiap orang sejak lahir, hak asasi yang dimiliki oleh setiap orang adalah sama dan sebagai sesama manusia wajib untuk saling menjaga dan menghormati hak tersebut. Jikalau ada pelanggaran yang disebabkan karena beberapa faktor penyebab pelanggaran HAM seperti yang dijelaskan di atas, maka sudah sepantasnya untuk ditindak dengan tegas secara hukum agar pelanggaran serupa tidak terulang lagi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel