Berbagai Penyebab Korupsi, Nomor 1 dan 3 adalah Faktor Utama yang Sering Terjadi di Indonesia

penyebab korupsi

Di Indonesia beberapa waktu belakangan sedang ramai tentang banyaknya pejabat atau penyelenggara negara yang ditahan karena melakukan tindakan korupsi. Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika Indonesia terkenal sebagai negara dengan tingkat korupsi yang sangat tinggi dibandingkan dengan negara-negara lain.

Semakin banyaknya pejabat negara yang tertangkap karena melakukan tindakan korupsi setiap harinya akhirnya membuat banyak rakyat bertanya-tanya, apa sih sebenarnya yang menjadi penyebab korupsi begitu tinggi di Indonesia. Di bawah ini akan dijelaskan lebih lengkap (lihat juga: dampak inflasi).

Apa itu Korupsi?

Meskipun istilah korupsi cukup banyak digunakan dan didengarkan dalam kehidupan sehari-hari, namun masih banyak yang belum mengetahui apa sebenarnya korupsi itu dan apa yang melatarbelakangi atau menjadi penyebab korupsi begitu tinggi di Indonesia. Menurut kamus Oxford, korupsi bisa didefinisikan sebagai tindakan yang merusak integritas dalam menjalankan tugas publik dengan balas jasa atau penyuapan.

Sedangkan menurut Undang-Undang yang berlaku di Indonesia, yang dimaksud dengan tindakan korupsi adalah sebuah tindakan yang melawan hukum dengan menyalahgunakan jabatan yang dipegangnya untuk memperkaya dirinya sendiri, kelompok orang maupun korporasi sehingga bisa menyebabkan kerugian bagi negara.

Penyebab Korupsi yang Begitu Tinggi

Setelah mengetahui tentang definisi atau pengertian dari korupsi selanjutnya adalah faktor-faktor apa saja yang menjadi penyebab korupsi. Ada banyak hal yang bisa memicu terjadinya tindakan korupsi ini, baik dari faktor dalam maupun faktor lingkungannya seperti beberapa hal di bawah ini.

1. Sifat Tidak Puas dari Pelaku
Penyebab pertama yang membuat seseorang melakukan tindakan melawan hukum ini tentu saja berasal dari dalam dirinya sendiri. Perasaan tidak pernah puas atau serakah terhadap apa yang sudah dimilikinya adalah penyebabnya. Perasaan inilah yang kemudian mendorong seseorang untuk melakukan segala cara untuk bisa memperkaya dirinya sendiri termasuk melakukan korupsi.

2. Masih Kentalnya Budaya KKN di Indonesia
Hal mendasar lain yang menjadi penyebab timbulnya korupsi adalah karena budaya kolusi dan nepotisme, yang nantinya juga berujung pada tindakan korupsi, masih begitu kental di Indonesia. Tindakan seperti ini yang dibiarkan terus meneruslah yang kemudian menyebabkan timbulnya korupsi.

3. Pengawasan dan Penegakan Hukum yang Tidak Berjalan
Sedangkan faktor penyebab yang muncul dari luar salah satunya adalah karena sistem pengawasan dan penegakan hukum yang tidak berjalan dengan baik. Pengawasan dan Penegakan hukum di Indonesia tidak begitu baik karena banyak pula aparat penegak hukum yang mengukur segala hal dari uang. Inilah yang membuat praktek korupsi kian meningkat.

4. Hukuman Bagi Para Pelaku Terlalu Ringan
Selain karena penegakan hukum yang tidak berjalan dengan baik, hukuman yang diberikan pada para pelaku koruptor ini pun terlalu ringan sehingga tidak bisa menimbulkan efek jera. Belum lagi didukung dengan lemahnya penegakan hukum yang berlaku. Ini kemudian membuat hukuman yang dijalani cenderung terlihat  tidak seperti hukuman (lihat juga: dampak korupsi).

Contoh Korupsi yang Paling Menggemparkan

Tindakan korupsi ini terjadi di semua lini, mulai dari lembaga tertinggi hingga level terendah. Salah satu yang beberapa waktu lalu menghebohkan adalah adanya korupsi berjamaah yang dilakukan oleh para anggota pejabat publik di suatu kota di Indonesia. Banyaknya pelaku korupsi yang tertangkap bahkan merupakan pihak yang bekerja di satu lembaga ini tentu saja menambah panjang deretan kasus korupsi di Indonesia.

Itulah tadi penjelasan lengkap tentang korupsi dan penyebab korupsi itu sendiri. Sebagai salah satu tindakan yang melawan hukum, para pelaku korupsi sudah sepantasnya mendapatkan hukuman atas perbuatannya. Namun sekali lagi, 4 faktor di atas jika terus dibiarkan akan membuat korupsi menjadi semakin liar dan tidak dapat dikendalikan.

Berlangganan gratis update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Berbagai Penyebab Korupsi, Nomor 1 dan 3 adalah Faktor Utama yang Sering Terjadi di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel