Berbagai Penyebab Inflasi, Nomor 3 adalah Faktor Utama yang Sering Terjadi di Indonesia

Penyebab Inflasi

Saat ini ekonomi dunia dan Indonesia sedang mengalami penurunan yang begitu siginifikan. Hal ini bisa dilihat dari maraknya inflasi di beberapa negara besar, termasuk salah satunya di Indonesia. Terjadinya inflasi ini memberikan dampak yang begitu signifikan bagi kegiatan ekonomi di Indonesia pada khususnya. Banyak orang yang masih belum paham apa itu inflasi dan apa penyebab inflasi timbul di suatu negara sehingga bisa menimbulkan dampak signifikan pada ekonomi negara tersebut. Berikut penjelasan lengkap yang disajikan portal penyebab-akibat.com untuk Anda.

Apa itu Inflasi?

Karena sudah sering mendera Indonesia, mungkin sudah banyak orang yang mengetahui apa itu inflasi. Ya, secara umum, inflasi bisa diartikan sebagai kenaikan harga-harga yang terjadi secara umum dan terjadinya pun dalam waktu yang kontinyu (terus menerus) bahkan dalam jangka waktu yang panjang. Ada juga yang menyebutkan inflasi sebagai menurunnya nilai mata uang karena jumlah uang yang beredar semakin banyak. Ya, inilah yang juga menjadi salah satu penyebab inflasi terjadi di suatu negara.

Apa saja Penyebab Inflasi?

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, inflasi adalah kenaikan harga barang-barang secara umum dalam kurun waktu tertentu. Ada faktor yang menjadi penyebab inflasi dan membuat perekonomian suatu negara menjadi lemah. Apa sajakah itu?

1. Kenaikan Permintaan
Faktor pertama yang menjadi penyebab inflasi adalah karena kenaikan permintaan terhadap suatu produk. Minat atau kemampuan membeli masyarakat terhadap suatu produk dalam jangka waktu yang panjang cukup besar. Hal ini kemudian menyebabkan terjadinya kelangkaan terhadap barang atau jasa tersebut. Bisa juga dikatakan inflasi ini disebabkan karena kemampuan atau daya beli masyarakat yang lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan produksinya sehingga menyebabkan inflasi.

2. Uang yang Beredar Semakin Banyak
Hal lain yang menyebabkan timbulnya inflasi adalah karena uang yang beredar di masyarakat semakin banyak. Disebutkan dalam teori jika jumlah uang yang beredar semakin banyak, maka harga barang atau jasa juga akan semakin mahal sebesar kenaikan jumlah uang yang beredar.

3. Kenaikan Biaya Produksi
Kenaikan biaya produksi membuat harga barang yang dibutuhkan masyarakat menjadi semakin mahal. Hal tersebut bisa juga disebabkan oleh nilai tukar mata uang suatu negara terhadap mata uang asing mengalami kenaikan sehingga harga bahan baku untuk produksi juga semakin meningkat. Biaya produksi yang naik ini biasanya juga disebabkan karena negara partner dagang satu negara tertentu juga sedang mengalami inflasi sehingga berimbas pada negara lain yang menjadi partner dagangnya.

4. Inflasi karena Kenaikan Penawaran dan Permintaan Sekaligus
Inflasi juga bisa disebabkan karena kenaikan terhadap penawaran dan permintaan sekaligus. Penyebab inilah yang sering dialami negara-negara yang sedang mengalami masalah ekonomi akibat inflasi, termasuk di Indonesia. Tingginya permintaan terhadap barang atau jasa tertentu yang menyebabkan penyediaan barang terus menurun. Di sisi lain, barang substitusi atau pengganti juga terbatas jumlahnya bahkan tidak ada yang menyebabkan keadaan menjadi tidak seimbang sehingga membuat harga barang menjadi melonjak semakin tinggi.

Contoh Inflasi yang Terjadi di Indonesia

Contoh inflasi terbesar yang pernah dihadapi Indonesia adalah pada awal masa reformasi di tahun 1998 dimana saat itu nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing mengalami kenaikan begitu tajam sehingga membuat harga barang-barang di Indonesia, terutama bahan pokok, mengalami kenaikan yang sangat tinggi. Hal ini kemudian membuat daya beli masyarakat terus turun.

Itulah tadi penjelasan tentang inflasi lengkap mulai dari pengertian dan penyebab inflasi serta contoh inflasi yang pernah dihadapi oleh Indonesia. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan Anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Berbagai Penyebab Inflasi, Nomor 3 adalah Faktor Utama yang Sering Terjadi di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel