Berbagai Penyebab Hujan Asam, Nomor 2 adalah Faktor Utama yang Sangat Mungkin Terjadi di Indonesia

penyebab hujan asam

Kondisi hujan merupakan kondisi yang sudah sangat biasa terjadi, terutama di musim penghujan. Hujan sendiri adalah fenomena alam yang sangat umum terjadi di bumi. Hujan memiliki berbagai macam jenis dan salah satu jenisnya adalah hujan asam. Hujan asam ini berbeda dengan hujan biasanya karena penyebab hujan asam adalah karena lingkungan yang kebanyakan tercemar.

Apa itu Hujan Asam?

Hujan asam merupakan hujan yang memiliki kadar keasaman atau pH rendah di tiap tetes airnya. Kondisi keasaman hujan normal biasanya adalah di angka pH 5,6 sehingga bisa diartikan jika hujan dengan kadar pH kurang dari angka 5,6 adalah dikategorikan sebagai hujan asam. Penelitian pun baru-baru ini menunjukkan jika pH hujan telah berubah yang mulanya dari 6 justru turun ke angka 4. Penyebabnya ternayta adalah dari aktivitas manusia mulai dari asap kendaraan, asap industri dan masih banyak lagi.

Penyebab Terjadinya Hujan Asam

Penyebab hujan asam ini dikarenakan berbagai macam alasan. Para peneliti sendiri memiliki pendapat yang berbeda akan terjadinya hujan asam ini. Berikut ini penyebab terjadinya hujan asam berdasar pendapat dari peneliti:

1. Hujan Asam Karena Senyawa SO2 dan NOx
Berdasar pendapat yang pertama, hujan asam disebabkan karena dua polutan utama yakni Sulfur Dioxide (SO2) dan juga Nitrogen Oxides (Nox). Kedua gas tersebut dihasilkan dari aktivitas pembarakan. Meski demikian 50% SO2 yang ada di atmosfer dunia terjadi secara alami misal saja dari letusan gunung berapi atau bahkan pembakaran hutan alami. Sedang untuk 50% lainnya asalnya adalah dari aktivitas manusia misal saja adalah karena pembakaran BBF, pembangkit listrik hingga peleburan logam.

2. Hujan Asam Karena Terbentuknya Asam di Udara
Pendapat selanjutnya adalah hujan asam disebabkan karena asam yang terbentuk di udara yang merupakan akibat dari bertemunya uap air dan gas pembentuk asam. Biasanya hal ini bisa terjadi karena pencemaran udara yang ada di kawasan pabrik. Beberapa gas yang kerap jadi penyebab hujan asam misalnya karbondioksida yang asalnya adalah dari hasil pembakaran dan kendaraan bermotor. Selain itu ada juga gas hidrogen sulfida serta sulfur dioksida yang asalnya dari pemanasan belerang.

3. Hujan Asam Karena Kepekatan Asam di Udara
Derajat dari keasaman pada hujan tergantung dari kepekatan asam yang ada di udara. Dengan demikian, maka secara tidak langsung ini artinya adalah tergantung juga dari derajat pencemaran yang terjadi di udara. Di kondisi normal, sebetulnya hujan sudah bersifat asam karena adanya karbon dioksida yang ada di udara.

4. Hujan Asam dari Uap Air
Beberapa peneliti juga menyatakan jika hujan asam disebabkan dari uap air. Uap air bisa menyebabkan hujan asam karena adanya penguapan dari sumber air yang sudah ada. Ini bisa terjadi saat air yang menguap dipanasi sinar matahari.

Contoh Pencegahan Hujan Asam

Setelah mengetahui penyebab hujan asam, Anda pun juga harus tahu bagaimana cara mencegah terjadinya hujan asam ini. Beberapa contoh pencegahan hujan asam misalnya adalah dengan menggunakan energi dengan bijak dan tidak berlebihan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan transportasi secara efisien, misalnya dengan transportasi umum sehingga polusi udara bisa berkurang. Hindari penebangan pohon dan hutan dengan sembarangan. Anda bisa membantu kampanye menggalakkan penanaman pohon dan juga reboisasi. Cara lain yang bisa dilakukan juga adalah dengan memiliki peralatan ramah lingkungan.

Itulah sekilas tentang penyebab hujan asam dan beberapa cara pencegahannya. Mulailah belajar untuk mencintai alam sehingga bumi senantiasa lestari.

Berlangganan gratis update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Berbagai Penyebab Hujan Asam, Nomor 2 adalah Faktor Utama yang Sangat Mungkin Terjadi di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel