Berbagai Penyebab Gunung Meletus, Nomor 2 dan 4 adalah Faktor Utama yang Sering Terjadi

penyebab gunung meletus

Gunung adalah sumber daya alam di dunia. Indonesia sendiri memiliki banyak sekali gunung yang menjulang gagah dan tinggi dengan segala kekayaan alam yang tumbuh di sana. Namun, Indonesia memang dikenal dengan banyak sekali gunung berapi yang masih aktif. Gunung-gunung tersebut siap meletus kapan saja tanpa ada pemberitahuan sebelumnya sehingga masyarakat yang tinggal di sekitarnya harus waspada. Penyebab gunung meletus sendiri bisa bervariasi (lihat juga: penyebab pemanasan global).

Apa Itu Gunung Meletus?

Gunung yakni tonjolan di permukaan bumi. Di dalamnya terdapat saluran berbentuk vertikal yang mirip dengan pipa tapi keberadaannya adalah alami. Pipa inilah yang hubungkan antara permukaan bumi dan juga perut bumi dimana berisikan berbagai macam cairan panas seperti magma hingga batuan cair. Ketika magma ini keluar ke permukaan bumi lewat pipa alami yang ada, maka terjadilah gunung meletus.

Penyebab Gunung Meletus yang Sulit Diprediksi

Tentunya peristiwa gunung meletus adalah peristiwa alam yang besar. Bahkan gunung meletus ini masuk kategori bencana alam sehingga perlu diperhatikan mengingat bisa membahayakan manusia. Kondisi gunung meletus begitu sulit diprediksi. Berikut ini beberapa penyebab gunung meletus yang perlu Anda ketahui:

1. Peningkatan Gempa Vulkanik
Penyebab pertama terjadinya gunung meletus yakni adanya peningkatan frekuensi saat terjadi gempa vulkanik (lihat penyebab gempa bumi). Peningkatan ini biasanya ditandai dengan aktivitas tak biasa di gunung berapi tersebut. Selain itu, peningkatan aktivitas seismik dan juga peristiwa vulkanis lain disebabkan karena bergeraknya magma di dalam bumi pun juga bisa jadi penyebabnya.

2. Pergerakan Tektonik di dalam Lapisan Bumi
Penyebab gunung meletus lainnya yang juga kemungkinan bisa terjadi yakni dengan adanya pergerakan pada lempeng tektonik dan terjadi di lapisan bumi. Pergerakan ini terjadi di struktur lapisan bumi yang ada di bawah gunung. Pergerakan inilah yang bisa menjadikan peningkatan tekanan yang ada di dapur magma sehingga pada akhirnya bisa menjadikan magma terdorong ke atas. Saat ada kondisi ini, umumnya banyak binatang gelisah dan berusaha bermigrasi.

3. Lempeng Bumi Berdesakan
Gunung meletus pun bisa terjadi lantaran adanya lempeng bumi yang berdesakan antara satu dengan yang lainnya. Hal ini bisa sebabkan tekanan besar yang menekan serta mendorong di permukaan bumi yang menimbulkan beragam gejala tektonik dan geologi lain. Lempeng sendiri adalah salah satu bagian kerak bumi yang bergerak terus tiap saat. Desakan ini bisa terjadi juga ketika ada perubahan struktur di gunung berapi tersebut.

4. Tekanan yang Tinggi
Penyebab lainnya yang bisa terjadi pada gunung meletus yakni ketika ada cairan magma yang mendorong dan berusaha bergerak ke atas saluran kawah lalu keluar. Saat di perjalanan ada sumbatan, maka hal ini pun bisa jadi sebab ledakan yang besar sehingga gunung pun meletus. Jika tekanannya makin besar disertai dengan volume magma yang juga besar, maka ledakan yang terjadi pun bisa kian besar.

Contoh Tanda Gunung Akan Meletus

Gunung yang meletus bisa menyebabkan banyak kerugian hingga kerusakan. Anda tentu harus tahu beberapa tanda yang bisa terjadi ketika gunung akan meletus. Beberapa tanda yang umum terjadi misalnya suhu sekitar gunung menjadi meningkat dan mata air di kawasan gunung menjadi mengering. Tanda lain yang juga bisa terlihat yakni tumbuhan di sekitar gunung menjadi layu dan hewan liar di gunung berusaha turun dan lari.

Itulah ulasan terkait penyebab gunung meletus. Jika dilihat, faktor yang menjadikan gunung meletus adalah sepenuhnya faktor alam. Untuk itu, masyarakat yang tinggal di kawasan gunung berapi wajib terus waspada.

Berlangganan gratis update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Berbagai Penyebab Gunung Meletus, Nomor 2 dan 4 adalah Faktor Utama yang Sering Terjadi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel