Berbagai Penyebab Tsunami, Nomor 1 dan 3 adalah Faktor Utama yang Sering Terjadi di Indonesia

penyebab terjadinya tsunami

Indonesia sudah pernah mengalami pengalaman berkaitan dengan bencana tsunami yakni di tahun 2004, tepatnya di Aceh. Bencana besar akhir tahun 2004 kala itu menelan sebanyak 130.000 korban jiwa. Sampai saat ini bencana tsunami Aceh tidak bisa lepas dari ingatan seluruh masyarakat Indonesia. Penyebab tsunami di Aceh itu diperkirakan karena adanya gempa di dasar laut.

Apa itu Tsunami?

Tsunami adalah salah satu bencana alam yang ada kaitannya dengan gelombang lautan yang amat besar lalu menerjang daratan. Tsunami sendiri berasal dari bahasa Jepang yakni tsu yang maknanya adalah pelabuhan dan nami yang bermakna gelombang. Untuk definisi ilmiah dari tsunami adalah adanya perpindahan badan air dimana disebabkan perubahan permukaan laut dengan vertikal dan berlangsung tiba-tiba. Gelombang tsunami sendiri adalah jenis gelombang yang bisa bergerak ke berbagai arah sehingga capai jarak hingga ribuan kilometer.

Faktor Penyebab Tsunami

Tsunami adalah sebuah bencana alam yang amat dahsyat. Tidak heran jika akibat dari terjadinya tsunami ini bisa menghancurkan daerah yang terkena ombaknya. Tsunami sendiri muncul dengan adanya sebab. Berikut ini beberapa penyebab tsunami yang harus diketahui:

1. Gempa Bawah Laut
Gempa adalah sebuah hal yang sangat umum terjadi. Gempa ternyata juga bisa menjadi sebab terjadinya tsunami. Namun, gempa yang bisa mengakibatkan munculnya tsunami adalah gempa yang terjadi di bawah lautan. Gempa bawah laut ini menjadikan getaran dan mendorong timbulnya gelombang. Gempa bumi di bawah laut adalah penyebab yang paling umum tsunami bisa terjadi di dunia. Meski demikian, tidak semua gempa yang terjadi di bawah laut bisa berpotensi tsunami. Gempa bawah laut yang bisa memunculkan tsunami setidaknya adalah titik pusat gempanya ada di kedalaman 0 hingga 30 km bawah permukaan laut. Selain itu skala gempa adalah setidaknya 6,5 SR dan jenis sesar gempanya adalah sesar naik turun (lihat disini penyebab gempa bumi).

2. Letusan Gunung Berapi di Bawah Laut
Penyebab tsunami lainnya yang bisa terjadi adalah adanya letusan gunung berapi yang lokasinya ada di bawah laut. Lautan memang memiliki banyak sekali misteri dan juga medan yang tidak bisa diprediksi, termasuk dengan adanya gunung berapi. Di dalam lautan ada banyak gunung aktif yang sewaktu-waktu bisa meledak. Ledakan inilah yang juga bisa memicu terjadinya gelombang laut yang menyebabkan tsunami.

3. Longsor Bawah Laut
Longsor tak hanya terjadi di wilayah daratan saja. Longsor pun bisa terjadi di bawah laut. Longsor yang ada di bawah laut ini umumnya disebabkan gempa bumi atau letusan gunung. Getaran kuat dari longsoran inilah yang bisa menjadikan tsunami terjadi. Selain itu, tabrakan lempeng bawah laut juga bisa jadi sebab longsor terjadi.

4. Hantaman Meteor
Kejadian ini termasuk sangat langka, tapi mungkin juga bisa terjadi. Hantaman benda langit yang langsung menuju lautan juga memicu terjadinya gelombang besar. Meski meteornya berukuran kecil, tapi diprediksi bencana yang terjadi bisa amat besar ukurannya.

Contoh Tanda Bencana Tsunami

Bencana tsunami tentu tidak bisa diprediksi. Meski demikian, ada beberapa tanda yang bisa muncul jika akan terjadi tsunami seperti adanya gempa dan getaran di bawah laut. Selain itu tanda lainnya adalah air laut yang surut tiba-tiba dan terdengar suara gemuruh. Perilaku hewan yang aneh dan tak biasa pun umumnya juga jadi tanda akan terjadi tsunami atau bencana lainnya.

Itulah sedikit ulasan terkait penyebab tsunami dan tanda akan terjadinya tsunami. Mengingat Indonesia ada di wilayah rawan, maka ada baiknya untuk selalu waspada dan berhati-hati.

Berlangganan gratis update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Berbagai Penyebab Tsunami, Nomor 1 dan 3 adalah Faktor Utama yang Sering Terjadi di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel