Berbagai Penyebab Pemanasan Global, Nomor 3 adalah Faktor Utama yang Sering Terjadi di Indonesia

penyebab pemanasan global

Pemanasan global menjadi isu yang hangat dibicarakan saat ini. Fenomena alam yang satu ini semakin parah setiap tahunnya serta membawa banyak perubahan pada bumi. Dampak yang ditimbulkan oleh kondisi ini pun kian hari semakin terasa. Untuk mengurangi hal tersebut, banyak pihak yang terus menyerukan gerakan ramah lingkungan guna meredam dampak pemanasan global. Untuk itu, berikut adalah informasi yang disajikan oleh penyebab-akibat.com mengenai apa sebenarnya penyebab pemanasan global itu, lengkap dengan contoh telah terjadinya peristiwa alam ini di bumi yang kita pijak sekarang.

Apa itu Pemanasan Global?

Pemanasan global merupakan sebuah kondisi yang terjadi di bumi dimana suhu di bumi mengalami peningkatan rata-rata karena adanya peningkatan gas rumah kaca yang konsentrasinya diambang batas. Konsentrasi gas rumah kaca yang terus meningkat ini erat kaitannya dengan tingginya tingkat pencemaran udara yang terjadi di bumi. Inilah salah satu penyebab pemanasan global yang paling utama. Selain itu, masih ada lebih banyak lagi faktor yang menyebabkan terjadinya pemanasan global.

Penyebab Pemanasan Global

Pada penjelasan di atas sudah sedikit disinggung tentang faktor penyebab terjadinya pemanasan global. Ada banyak faktor penyebab pemanasan global yang diakibatkan oleh peningkatan suhu rata-rata di permukaan bumi. Apa sajakah yang menyebabkan peningkatan suhu rata-rata di permukaan bumi itu? Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Meningkatnya Gas Rumah Kaca di Atmosfer
Salah satu faktor penyebab pemanasan global yang paling besar dan berpengaruh adalah meningkatnya efek rumah kaca di permukaan bumi. Yang dimaksud dengan efek rumah kaca ini adalah fenomena dimana sinar matahari yang seharusnya dipantulkan ke luar atmosfer jadi tidak bisa terpantul dan justru terperangkap di dalam astmosfer bumi. Karena itulah suhu di bumi terus meningkat.

2. Peningkatan Polusi di Bumi
Polusi adalah faktor penyumbang terbesar terjadinya efek rumah kaca. Polusi karena penggunaan kendaraan bermotor yang memanfaatkan bahan bakar fosil akan turut meningkatkan produksi gas karbon monoksida. Tidak hanya polusi oleh kendaraan bermotor, polusi pabrik dan polusi industri peternakan juga menyumbang produksi polusi yang besar.

3. Penebangan dan Pembakaran Hutan
Hutan adalah paru-paru dunia. Bukan tanpa alasan, karena pohon-pohon di hutan akan menyerap karbon dioksida dan kemudian diubah menjadi oksigen. Jika hutan terus ditebang, maka tidak akan ada lagi sumber yang menyerap karbon dioksida untuk diubah menjadi oksigen. Apalagi jika hutan dibakar, pembakaran hutan tidak hanya akan merusak sumber oksigen, bahkan polusi yang dihasilkan dari pembakaran itu justru akan memperparah pemanasan suhu bumi.

4. Desain Rumah Modern
Satu hal lagi yang tanpa sadar turut menyumbang meningkatnya suhu bumi adalah penggunaan desain rumah modern. Rumah modern yang biasanya banyak memanfaatkan kaca justru akan memantulkan cahaya matahari yang harusnya diserap tanah. Cahaya matahari yang terpantul kembali inilah yang dibiarkan lama kelamaan bisa menyebabkan menipisnya lapisan ozon.

Contoh telah Terjadinya Pemanasan Global

Mungkin banyak orang yang tidak sadar jika pemasan global di bumi saat ini semakin parah. Ada beberapa contoh sederhana yang bisa menjadi indikasi bahwa pemanasan global di bumi semakin parah. Sebut saja misalnya perubahan musim yang sudah tidak menentu. Contoh itulah yang sangat mudah dirasakan, terutama di Indonesia. Di Indonesia sendiri bahkan sudah tidak bisa diprediksi kapan pergantian musim dari musim hujan ke kemarau ataupun sebaliknya.

Itulah tadi penjelasan lengkap tentang pemanasan global, penyebab dan contoh telah terjadinya fenomena alam tersebut. Dengan mengetahui penyebab pemanasan global, sebagai makhluk hidup yang tinggal di bumi, manusia diharapkan bisa lebih peduli terhadap kondisi buminya yang semakin memprihatinkan dengan menghindari hal-hal yang bisa menjadi faktor penyebab meningkatnya pemanasan global.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Berbagai Penyebab Pemanasan Global, Nomor 3 adalah Faktor Utama yang Sering Terjadi di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel