Berbagai Penyebab Kebakaran Hutan, Nomor 1 dan 3 adalah Faktor Utama yang Sering Terjadi di Indonesia

penyebab kebakaran hutan

Indonesia adalah negara yang dikenal dengan sebutan paru-paru dunia. Hal ini karena banyaknya pohon di Indonesia yang juga menghasilkan kebutuhan oksigen untuk penduduk bumi. Sayangnya tangan-tangan tidak bertanggung jawab banyak menjadi penyebab rusaknya sebagian besar hutan di Indonesia. Pembukaan lahan baru dengan cara membakar hutan sudah menjadi hal yang umum ditemui di Indonesia. Namun, ada hal lain yang juga menjadi penyebab kebakaran hutan selain karena ulah tangan manusia tersebut. Apa sajakah itu?

Lihat juga: Penyebab Pemanasan Global

Apa itu Kebakaran Hutan?

Seperti namanya, yang dimaksud dengan kebakaran hutan adalah kebakaran yang terjadi di alam liar membakar wilayah-wilayah yang memiliki banyak tumbuhan berupa pohon, semak belukar, tanaman paku bahkan hingga rumput. Tak jarang dalam beberapa kasus kerusakan alam ini juga bisa menyebabkan kerusakan materi seperti membakar rumah dan makhluk hidup lain yang tinggal di sekitarnya.

Lantas apa sih yang menjadi penyebab kebakaran hutan ini? Secara umum kebakaran hutan bisa disebabkan karena dua faktor, yaitu faktor alami dan faktor buatan. Nah lebih jelasnya, berikut akan dijelaskan.

Penyebab Kebakaran Hutan, Alami dan Ulah Manusia

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kebakaran hutan bisa disebabkan karena banyak hal. Secara umum, kerusakan hutan karena terbakar ini disebabkan oleh faktor alami dan juga faktor kelalaian atau kesengajaan dari manusia. Berikut adalah beberapa hal yang menjadi penyebab kebakaran hutan.

1. Musim Kemarau yang Panjang
Faktor penyebab pertama kebakaran hutan adalah faktor alami yang terjadi setiap tahum, yaitu musim kemarau berkepanjangan. Ketika musim kemarau, suhu udara sangat tinggi dan panas yang kemudian membuat daun-daun mengering. Daun-daun yang mengering ini, ketika tertiup angin dan bergesekan dengan daun di pohon lain bisa menyebabkan timbulnya percikan api yang bisa memicu kebakaran.

2. Terdampak Gunung Meletus
Faktor alam kedua yang bisa menimbulkan kebakaran hutan adalah karena bencana gunung meletus. Lelehan lahar dari gunung berapi yang sedang mengalami erupsi sudah pasti akan merusak segala hal yang dilewatinya, termasuk hutan dengan banyak pohon di dalamnya. inilah yang kemudian menyebabkan timbulnya kebakaran.

3. Pembukaan Lahan Baru dengan Pembakaran Hutan
Faktor terakhir inilah yang menjadi faktor penyebab paling banyak timbulnya kebakaran hutan di Indonesia. Beberapa orang tidak bertanggung jawab nekat membakar hutan-hutan yang ada di Indonesia hanya untuk membuka lahan baru, baik untuk perumahan atau untuk dijadikan lahan perkebunan sawit. Cara ini banyak dimanfaatkan untuk membuka lahan karena tergolong murah dan mudah untuk dilakukan.

4. Kelalaian Manusia
Selain karena kesengajaan, kebakaran hutan juga bisa disebabkan karena kelalaian manusia itu sendiri. Beberapa kebakaran hutan yang terjadi setelah diselidiki disebabkan karena kelalaian manusia yang membuat puntung rokok atau membakar sampah didekat area hutan (lihat juga: penyebab hujan asam).

Contoh Kebakaran Hutan yang Terjadi di Indonesia

Jika berbicara tentang kebakaran hutan, Indonesia adalah negara yang paling sering mengalaminya. Salah satu contoh kebarakan hutan terbesar yang pernah terjadi adalah kebakaran hutan di kawasan Riau dan sekitarnya. Dampak asap yang ditimbulkan karena kebakaran ini bahkan dirasakan oleh negara tetangga.

Sama seperti jenis bencana lainnya, kebakaran hutan juga bisa menimbulkan kerugian. Tidak hanya menyebabkan kerusakan lingkungan namun juga bisa mempengaruhi kualitas udara di sekitarnya. Penjelasan di atas adalah penjelasan lengkap tentang kebakaran hutan dan penyebab kebakaran hutan baik dari faktor alam maupun karena faktor buatan manusia. Semoga dengan penjelasan di atas bisa menambah kewaspadaan kita sebagai warga negara untuk selalu menjaga hutannya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Berbagai Penyebab Kebakaran Hutan, Nomor 1 dan 3 adalah Faktor Utama yang Sering Terjadi di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel