Berbagai Penyebab Gempa Bumi, Nomor 2 adalah Faktor Utama yang Sering Terjadi di Indonesia

penyebab gempa bumi

Belakangan ini Indonesia sering mengalami kejadian gempa bumi yang menimbulkan banyak korban jiwa. Hal ini bisa terjadi karena kurangnya kewaspadaan kita terhadap jenis bencana alam yang satu ini. Meskipun banyak orang yang sudah mengetahui apa itu gempa bumi, namun tak banyak yang tahu apa saja penyebab gempa bumi. Untuk mengetahuinya berikut adalah penjelasan yang disajikan oleh portal Penyebab Akibat secara lengkapnya dan komperhensif.

Apa itu Gempa Bumi?

Gempa bumi adalah sebuah fenomena alam dimana terjadi getaran hingga guncangan di atas permukaan bumi. Getaran ini paling sering diakibatkan oleh pergeseran lapisan batuan yang ada di bawah permukaan bumi (lihat disini akibat gempa bumi). Pertanyaan selanjutnya adalah mengapa Indonesia sering dilanda gempa? Jawabannya adalah karena Indonesia berada di antara 3 lempeng besar yang aktif.

Letak Indonesia yang berada diantara 3 lempeng aktif inilah yang menjadi penyebab utama sering terjadi gempa bumi di Indonesia. Selain pergerakan lempeng, ada pula beberapa penyebab lain yang sekiranya dapat memicu terjadinya gempa bumi.

Faktor-Faktor Penyebab Gempa Bumi

Ada beragam faktor yang menjadi penyebab gempa bumi. Hal ini kemudian membuat gempa bumi diklasifikasikan menjadi beberapa jenis berdasarkan penyebabnya. Berikut ini adalah contoh kejadian alam yang bisa menjadi penyebab terjadinya gempa bumi.

1. Letusan Gunung Berapi
Penyebab pertama timbulnya gempa bumi adalah letusan gunung berapi aktif dengan kekuatan yang sangat besar sehingga menggoyangkan permukaan lapisan bumi. Karena disebabkan oleh letusan gunung berapi, maka gempa ini juga diikuti dengan gunung meletus, baik sesudah, sebelum maupun pada saat terjadinya gempa. Karena disebabkan oleh gunung meletus maka gempa ini disebut gempa vulkanik.

2. Pergerakan Lempeng Bumi
Penyebab gempa bumi yang sering terjadi di Indonesia lainnya adalah karena adanya pergeseran atau pergerakan lempeng bumi. Ada teori yang menyebutkan bahwa bumi ini tersusun dari beberapa lapisan batuan yang terus bergerak perlahan memecahkan diri. Karena pergerakan inilah, kemungkinan besar terjadinya tabrakan antara satu lapisan dengan lapisan lainnya yang menyebabkan timbulnya gempa.

3. Longsoran atau Runtuhan
Penyebab dari gempa bumi selanjutnya ini memang tidak menimbulkan kerusakan separah 2 penyebab di atas. Gempa bumi yang disebabkan karena adanya runtuhan ini disebut dengan gempa terban. Dampak yang ditimbulkan memang tidak terlalu besar karena hanya berdampak pada daerah sekitar runtuhan saja. Gempa ini biasanya terjadi di daerah pertambangan atau daerah kapur.

4. Aktivitas Manusia
Penyebab terakhir timbulnya gempa bisa juga karena aktivitas manusia. Berdasarkan penyebabnya ini, jenis gempa yang disebabkan karena aktivitas manusia ini disebut dengan gempa buatan.

Aktivitas-aktivitas manusia yang bisa menyebabkan terjadinya gempa itu misalnya peledakan nuklir, peledakan dinamit, dan yang terakhir adalah pemukulan palu raksasa ke permukaan (pada konstruksi bangunan bertingkat).

Semua aktivitas manusia ini bisa menyebabkan terjadinya goncangan di permukaan bumi dan bisa menimbulkan gempa. Sama seperti gempa terban, gempa ini cenderung berskala kecil dengan dampak yang ditimbulkan tidak sebesar gempa tektonik maupun gempa vulkanik.

Contoh Gempa Bumi Karena Pergeseran Lempeng

Salah satu contoh gempa bumi berdasarkan penyebab-penyebab yang telah disebutkan di atas adalah kejadian yang baru-baru ini menimpa wilayah Palu, Sulawesi Tengah. Gempa ini disebabkan karena pergeseran lempeng bumi dengan pusat gempa di bawah laut sehingga kemudian memicu naiknya air laut atau yang dikenal dengan tsunami (lihat disini penyebab tsunami). Gempa karena pergeseran lempeng ini juga sudah sering terjadi di wilayah lain di Indonesia seperti di Lombok yang baru-baru ini terjadi dan beberapa gempa besar lainnya seperti di Aceh dan Pulau Nias.

Itulah tadi penjelasan lengkap tentang gempa bumi, mulai dari pengertian, penyebab gempa bumi dan jenisnya serta contoh gempa bumi. Dengan mengetahui lebih dalam tentang gempa, diharapkan setiap masyarakat Indonesia bisa lebih waspada terhadap fenomena alam ini sehingga tidak menimbulkan banyak korban jiwa.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Berbagai Penyebab Gempa Bumi, Nomor 2 adalah Faktor Utama yang Sering Terjadi di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel