Berbagai Penyebab Banjir, Nomor 3 dan 4 adalah Faktor Utama yang Sering Terjadi di Indonesia

penyebab banjir

Indonesia adalah negara yang kaya akan fitur geografis yang membuatnya juga kaya akan sumber daya alam. Fitur-fitur geografis seperti gunung, sungai dan laut begitu banyak dan mudah dijumpai di Indonesia. Namun di lain sisi, fitur-fitur geografi ini juga membuat Indonesia mudah terkena bencana alam. Sebut saja misalnya yang paling sering terjadi adalah banjir. Ada banyak penyebab banjir mulai dari faktor alam hingga faktor ulah manusia. Nah, untuk memahami lebih lanjut tentang banjir, berikut adalah penjelasan lengkap yang disajikan oleh Penyebab Akibat Com.

Apa itu Banjir?

Sebelum mulai membahas tentang penyebab banjir dan akibat yang ditimbulkan, terlebih dahulu Anda harus mengetahui apa sih banjir itu? Beberapa ahli mendefinisikan banjir sebagai sebuah fenomena dimana aliran air menjadi lebih tinggi sehingga alur atau saluran sungai tidak lagi mampu menampungnya akibatnya air tersebut akan meluap dan menutupi daratan (lihat disini akibat banjir).

Banjir secara sederhana bisa didefinisikan sebagai aliran air yang meluap dan menutupi permukaan daratan di sekitarnya. Banjir pun ada banyak jenisnya dengan penyebab yang bervariasi pula. Ada fenomena alam lain yang bisa menjadi penyebab banjir, ada juga karena kebiasaan manusia yang membuat air sungai meluap dan menyebabkan banjir.

Penyebab Terjadinya Banjir

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan sebelumnya, banjir bisa disebabkan karena kejadian atau fenomena alam yang terjadi secara alami, selain itu ada juga yang disebabkan karena ulah manusia. Berikut ini adalah faktor-faktor penyebab banjir yang sering terjadi, terutama di Indonesia.

1. Curah Hujan yang Sangat Tinggi
Curah hujan yang tinggi adalah salah satu penyebab banjir yang terjadi secara alami. Hujan deras yang berlangsung dalam waktu lama akan membuat aliran sungai meluap karena tidak mampu menampung curahan hujan yang terus menerus. Hal tersebut akhirnya menyebabkan terjadinya banjir di wilayah daratan sekitar aliran sungai.

2. Tidak Adanya Penyerapan Air yang Cukup Akibat Penggundulan Hutan
Banjir juga bisa disebabkan karena penurunan kemampuan tanah dalam menyerap air. Ketika hujan turun, tanahlah yang bertugas menyerap curahan air dan disimpan sebagai cadangan air. Namun, apabila kemampuan penyerapan air pada tanah berkurang maka tidak ada air yang diserap dan menimbulkan banjir. Penurunan kemampuan menyerap tanah ini disebabkan karena penggundulan hutan. Hutan dengan banyak pohon dan akar yang kuat akan membantu tanah menahan air dan menyerapnya untuk kemudian disimpan. Jika hutan banyak digunduli maka otomatis kemampuan tanah menyerap air juga berkurang.

3. Membuang Sampah di Aliran Sungai
Hal ini adalah faktor penyebab yang saat ini paling sering menjadi penyebab utama terjadinya banjir. Ketika membuang sampah di sungai, otomatis aliran air akan tersumbat oleh sampah tersebut sehingga ketika hujan turun dengan deras, aliran yang mampet itu akan meluap hingga keluar dan menyebabkan banjir.

4. Pemukiman di Bantaran Sungai
Banyaknya pemukiman di bantaran sungai juga bisa menjadi penyebab terjadinya banjir. Adanya pemukiman ini bisa membuat pendangkalan permukaan sungai. Kebiasaan membuang sampah di sungai oleh warga yang tinggal di bantaran sungai juga bisa membuat banjir terjadi ketika musim hujan.

Contoh yang Terjadi Jika Penyebab Banjir Diabaikan

Salah satu contoh terjadinya banjir karena penyebab-penyebabnya diabaikan misalnya terjadinya banjir yang setiap tahun terjadi di Kota Jakarta. Banjir ini salah satunya terjadi di kawasan pemukiman pinggir sungai. Selain itu karena penduduknya yang tidak bertanggung jawab sehingga aliran air jadi tersumbat oleh sampah dan menyebabkan banjir yang setiap tahun selalu melanda.

Banjir memang menjadi salah satu masalah lingkungan yang serius. Dampak yang ditimbulkan tidak hanya berupa kerugian materi namun juga semakin parahnya kerusakan lingkungan. Oleh karena itu, untuk mencegahnya bisa dimulai dengan menghindari hal-hal yang bisa menjadi penyebab banjir seperti yang disebutkan di atas.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel