Penyebab Angin Topan yang Paling Utama

penyebab angin topan

Pernahkah Anda menonton film "Hurricane Heist"? ya sebuah film yang menceritakan kedahsyatan bencana angin topan. Sebenarnya apa sih penyebab angin topan sehingga bisa terjadi pada sebuah wilayah dan menimbulkan kerusakan yang sangat besar, bahkan korban jiwa? Dibawah ini, penyebab-akibat.com akan memberikan penjelasan singkat serta akurat mengenai penyebab terjadinya angin topan tersebut.

Apa itu Angin Topan?

Angin topan adalah angin yang berpusar kencang dengan kecepatan mencapai 120 kilometer per jam bahkan dibeberapa kasus bisa mencapai 250 km per jam. Akibat yang ditimbulkan angin topan pada umumnya sering menimbulkan masalah serius bagi makhluk hidup. Kerusakan property akan terjadi dimana-mana, bangunan serta infrastruktur jalan akan rusak, dan yang paling fatal adalah jatuhnya korban jiwa.

Angin topan sering terjadi di daerah yang beriklim tropis yang ada diantara garis balik utara dan selatan. Tetapi angin ini jarang terjadi di daerah yang dekat dengan garis khatulistiwa. Itulah sebabnya mengapa angin ini jarang terjadi di Indonesia, namun jika hal itu terjadi maka angin jenis ini di indonesia lebih dikenal dengan sebutan angin badai.

Penyebab Angin Topan

Apabila suatu daerah akan terkena angin topan, maka daerah tersebut akan menunjukkan tanda-tanda terjadinya kenaikan suhu secara drastis dan tiba-tiba, akan terlihat petir ataupun kilat, makhluk hidup seperti burung dan hewan lainnya akan menjauhi daerah tersebut, serta angin terasa kering dan panas. Dibawah ini adalah beberapa penyebab angin topan yang penting untuk diketahui.

  1. Adanya perbedaan tekanan udara yang besar sehingga membentuk sebuah pusaran dalam sebuah sistem cuaca. Penyebab yang demikian ini merupakan penyebab angin topan yang paling utama. Sebagai contoh perbedaan antara tekanan udara di lautan dan daratan, jika tekanan kedua wilayah ini terjadi pada perbedaan yang besar maka kecenderungan angin topan akan terbentuk. Hal inilah yang menyebabkan mengapa angin topan sering terbentuk di lautan.
  2. Perbedaan drastis antara suhu dan tekanan udara. Sebagai contoh pada siang hari suhu akan sangat panas tetapi tekanan udaranya rendah. Hali ini akan menghasilkan tekanan udara berpindah dari suatu wilayah yang bersuhu rendah ke wilayah lainnya yang bersuhu tinggi.

Itulah tadi penjelasan mengenai penyebab angin topan yang walaupun jarang terjadi di Indonesia tetapi paling tidak kita bisa mengetahui penyebabnya sehingga meningkatkan kewaspadaan terhadap fenomena alam tersebut.

Angin topan merupakan salah satu contoh bencana alam yang masih tergolong bisa diantisipasi karena sebelum terjadi, akan terlihat tanda-tandanya. Semoga Anda akan selalu siap menghadapi jenis angin ini jika nantinya muncul di wilayah Anda.

Berlangganan gratis update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Angin Topan yang Paling Utama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel